Peluang Bisnis Bakso Keliling dengan Keuntungan yang Menggiurkan

Anda suka menikmati jajanan bakso? Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan bakso? Bakso adalah salah satu jenis makanan yang diminati oleh mayoritas orang nusantara karena mengandung rasa yang enak. Masyarakat Indonesia rata-rata sangat suka sekali menyantap bakso. Banyak sekali penggila bakso di negeri ini, dari anak kecil hingga orang tua menyukainya.

Bakso dikenal dengan bentuknya yang bulat yang dibuat memakai daging yang dihaluskan dan beberapa paduan bahan lain. Rasa bakso sendiri dikenal karena mengandung rasa yang lezat dan nikmat.

Cara penyajiannya biasanya dihidangkan bersamaan gorengan, mie, tahu dan siomay dengan sedikit kuah panas yang ditaburkan dengan daun seledri dan bawang goreng. Untuk menambah kenikmatan rasa bakso saat menikmatinya sering di tambahkan pula cabai, kecap maupun saus.

Di Indonesia sendiri hampir di seluruh penjuru ada yang berdagang bakso dengan banyak varian. Dan uniknya ialah makanan yang memakai bahan daging giling ini di setiap daerah seluruh Indonesia racikannya dengan cara yang berbeda.

Bakso menjadi terkenal di Indonesia yang diolah oleh penduduk Tionghoa Indonesia. Makna kata bakso juga asal usulnya dari dua kata yakni “bak” dan “so” dalam bahasa Hokkien (Taiwan) yang berarti daging giling.

Dikarenakan rakyat Indonesia rata-rata adalah muslim maka kebanyakan bakso diolah dari daging halal seperti daging ayam, sapi atau ikan.

Tingginya pecinta bakso di Indonesia membuat celah dari usaha bakso keliling semakin membuahkan keuntungan yang terbuka luas. Bisnis bakso keliling tak akan binasa dan selalu meningkat dan meluas menjadi suatu bisnis yang meluas dan sangat banyak sekali pelakunya.

Prospek bisnis bakso keliling di tahun 2016 masih terbuka lebar dan berpeluang menarik bagi siapa saja yang ingin menjalani bisnis tersebut. Mestinya bukan urusan yang berat untuk mendapatkan para pembuat bisnis bakso keliling yang menjual baksonya kepada pelanggan.

Karena usaha bakso keliling sangat tinggi akan peminatnya, tentunya untuk memulai langsung dalam usaha bakso keliling tak akan risau jika bakso yang dijajakan tidak akan laris.

Kalau Anda berencana untuk menjajakan masakan bakso yang banyak diminati orang tentu Anda juga harus menekankan bakso dengan cita rasa yang khas serta harga yang dipatokan terjangkau.

Proses pengolahan bakso juga tidak terlalu sulit karena bahan baku mudah didapatkan serta memulai penjual bakso kaki lima saja sudah sangat banyak orang yang penasaran.

Di berbagai penjuru daerah Indonesia sendiri sudah banyak sekali berbagai macam bakso. Jenis bakso yang fading umum adalah rupa bakso daging mempunyai tekstur serat lembut, bakso urat dengan tekstur daging yang kasar serta bakso telur. Selain terbuat dari daging sapi, bahan pembuatan bakso juga bisa memakai ayam, ikan, udang dan lainnya.

Baca juga  Memahami Kegunaan dan Manfaat Kemasan Produk
Anda berencana untuk masuk langsung dalam usaha kuliner bakso? Untuk masuk langsung dalam bisnis bakso keliling juga diharuskan mempunyai modal dan biaya yang memadai. Tidak mungkin mendirikan usaha bakso keliling tanpa menggunakan modal dan biaya yang digunakan.

Lantas seperti apakah analisa usaha bakso keliling ? Dalam menjalani bisnis bakso keliling sangat dibutuhkan sebuah riset bisnis bakso keliling yang diwajibkan sebagai bahan pertimbangan untuk membuka bisnis tersebut. Sebuah riset juga menjadi hal utama dalam memulai bisnis bakso keliling supaya lebih terjamin keuntungannya serta menjanjikan. Berikut ini kami berikan ulasan usaha bakso keliling yang dapat Anda amati dengan information:

Penggunaan Bahan Baku
Memulai bisnis bakso keliling seharusnya penting untuk melaksanakan proses produksi bakso sendiri. Selain untuk menghemat modal, juga dapat memproses rasa bakso sesuai keinginan para penikmat bakso.

Bakso yang diproses sendiri pasti memiliki ciri khas dari sebuah bisnis bakso keliling Anda yang berbeda dari yang dijumpai pada warung bakso lainnya.

Memproduksi bakso dengan aneka variasi merupakan suatu inovasi agar penikmat bakso tidak bosan. Tetapi ada pula pelaku usaha bakso keliling yang cuma memasarkan satu jenis bakso saja.

Tujuan utamanya pastinya untuk mengandalkan keunikan tertentu. Maka dari itu, ketika ada seorang konsumen yang ingin menikmati bakso, mereka akan mengingatnya dengan sangat gampang.

Lokasi Usaha
Usaha bakso keliling mudah sekali ditemukan di berbagai tempat. Anda dapat memasarkan bakso di sekitar rumah, di lingkungan kompleks, di pasar, di pusat kota, di tempat wisata, di perempatan jalan, di sekolah, di kampus dan di tempat yang lainnya.

Mengamati maraknya persaingan bisnis, Anda juga harus pintar-pintar memilih lokasi usaha yang strategis dengan banyak orang ramai.

Peralatan Usaha
Perlengkapan yang dipakai saat membuka bisnis bakso keliling diantaranya seperti gerobak atau etalase yang digunakan untuk tempat menyimpan bakso mentah dan juga bahan yang ada, alat-alat yang digunakan untuk memasak, seperti tabung gas, kompor, panci besar, sendok sayur besar dan juga peralatan yang dipakai untuk tempat makan seperti sendok dan garpu, juga gelas, dan mangkuk.

Jangan lupa untuk adanya pula peralatan yang lain seperti kursi, meja yang berguna untuk tempat makan bakso dengan nyaman.

Karyawan
Menjalankan bisnis bakso keliling tentu dilakukan dengan bantuan orang lain atau biasa disebut karyawan. Jika hanya mengerjakan usaha dengan tanpa bantuan orang lain pastinya Anda akan kewalahan.

Jika bisnis Anda maju menjadi lebih ramai dengan banyaknya pengunjung tentu memasukkan karyawan menjadi solusi yang tepat guna membantu mengerjakan operasional usaha yang Anda lakukan.

Tentunya carilah karyawan yang mempunyai semangat kerja yang tinggi dengan lebih cepat dalam melayani pembeli dengan pelayanan yang memuaskan.

Baca juga  Kunci Sukses Memulai Usaha Roti
Apapun alasannya karyawan merupakan unsur utama yang menentukan kesuksesan dari bisnis bakso keliling Anda.

Pemasaran Bisnis
Menggeluti usaha bakso keliling juga membutuhkan langkah advertising atau promosi yang berguna agar berkembang serta meningkatkan jumlah laba yang diinginkan. Prosedur pemasaran berguna bagi perkembangan maupun kesuksesan bisnis bakso keliling.

Strategi Marketing
Pemasaran ini dapat ditempuh dengan menempel spanduk di warung. Selain cara pemberian spanduk, Anda juga bisa membuat brosur yang menarik dan disebar di tempat yang sering dikunjungi orang, seperti di persimpangan jalan, di sekolah, di pusat perbelanjaan, di kampus dan lain sebagainya. Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan situs jejaring social seperti facebook, twitter atau yang lainnya.

Kendala Usaha
Usaha bakso keliling adalah jenis bisnis makanan yang rentan terkena isu. Banyak omongan di masyarakat yang katanya mengetahui penjual bakso dengan mencampurkan daging tikus, daging babi atau bahkan menggunakan bahan pengeyal dan pengawet bakso menggunakan formalin dan boraks.

Jikalau tidak diatasi secara cepat tentu isu yang beredar ini juga dapat berakibat turunnya keuntungan penjualan yang bisa menyebabkan kerugian usaha.

Cara untuk antisipasinya yaitu dapat dilakukan dengan memberi tahukan informasi dan menunjukkan cara proses bakso Anda. Ataupun dengan menambahkan jaminan cap dalam bakso Anda dengan label ONE HUNDRED % daging sapi asli, atau tulisan halal dan lainnya.

Itulah tadi ulasan mengenai peluang usaha bakso keliling yang dapat Anda jadikan suatu pengetahuan dalam menjalankan atau mau memulai usaha bakso keliling supaya lebih cemerlang serta menguntungkan.

Semoga ulasan tentang peluang usaha bakso keliling di atas dapat bermanfaat bagi Anda semua.

Sebagai pendukung lancarnya Anda dalam mengawali bisnis bakso keliling ini, Anda tentunya memerlukan mesin pencetak bakso. Dengan menggunakan mesin pembuat akan mempermudah dalam pembuatan bakso.

Sumber : https://ramesia.com/bisnis-bakso-keliling/

Cara Membuat Adonan Jadi Kalis yang Renyah dan Enak


1. Adonan Padat (Dough)
Tepung sebagai bahan utama biasanya dicampur air dan bahan lain seperti telur, lemak, garam, ragi sebelum diuleni dengan tangan atau mesin sehingga kalis (tidak lengket) dan dapat dibentuk, misalnya: adonan roti, donat, pizza, tortilla, pastry, spaghetti, berbagai jenis kue kering, dan kulit berbagai jenis dimsum (siomai, lumpia, bakpao ).

2. Adonan Encer (Batter)
Bahan tepung dalam pembuatan adonan encer biasanya tidak dicampur air, melainkan dicampur dengan susu, gula atau telur sebelum dicampur menggunakan tangan atau mesin sampai membentuk adonan yang encer, kental, atau seperti cream, contohnya: adonan wafel, pudding, cake, bolu, panekuk, berbagai varian kue kering, berbagai jenis roti, dan berbagai jenis gorengan.

Namun jika dilihat dari bahan-bahan serta cara pembuatannya, adonan dapat dikategorikan dalam beberapa jenis:

1. Adonan Pasir
Adonan pasir adalah adonan yang cara membuatnya memakai dua buah pisau dapur yang dipotong halus hingga menyerupai butiran pasir dan diselesaikan dengan dibakar atau dioven. Adonan pasir dapat dibagi menjadi 2 antara lain:

a. Adonan Pasir Rasa Manis
Adonan pasir rasa manis menggunakan bahan utama tepung terigu, margarin, gula halus, dan kuning telur.
Contohnya: Bola nanas, putri salju, moka salju, Nastar dll.

b. Adonan Pasir Rasa Asin
Adonan pasir rasa asin menggunakan bahan utama tepung terigu, mentega, sedikit garam dapur serta kuning telur.
Contoh: Kastengel, bola keju, kue krakeling asin dll.

Baca juga  Cara Membuat Kopi Float Harum Istimewa
2. Adonan Rebus
Adonan rebus adalah adonan yang proses pembuatannya dengan cara direbus dan diselesaikan dengan cara direbus/dikukus, dioven dan digoreng.
Contoh: Berbagai jenis kue sus, Jenang, bubur manis/cendol, nagasari beras/hungkue.

3. Adonan Lembaran
Adonan lembaran adalah adonan yang proses pembuatannya dengan digiling atau ditipiskan sampai menyerupai lembaran dan dimatangkan dengan cara dioven atau digoreng.
Adonan Lembaran ada dua jenis:

a. Adonan Pai (Pastei)
Adonan Pie) menggunakan bahan dasar tepung terigu, mentega dingin, garam dan air yang dimatangkan dengan dioven dan berfungsi sebagai kulit kue.

b. Adonan Feuillete/Bladerdeeg
Adonan ini menggunakan bahan dasar tepung gandum, korsvet (lemak padat) serta air dingin sehingga akan menghasilkan kue yang berlapis-lapis yang dimatangkan dengan cara digoreng atau dioven.
Contoh: roti amandel, dll.

4. Adonan Goreng
Adonan goreng ialah adonan yang diselesaikan dengan cara digoreng.
Adonan goreng terbagi menjadi tiga macam antara lain:

a. Adonan Goreng Biasa
Adonan ini menggunakan bahan baku tepung beras, tepung terigu atau tepung ketan dan cairan (air santan atau air biasa ).
Contohnya: Keripik tempe, pisang goreng, mendoan, rempeyek, dll.

b. Adonan Fritur
Adonan fritur adalah adonan goreng yang membuatnya dengan didadar terlebih dahulu.
Contoh: berbagai macam risoles atau lumpia.

c. Adonan Beignet
Adonan beignet menggunakan bahan baku terigu, telur, dan susu. Bentuk adonan beignet sedikit kental dan umumnya digunakan untuk menggoreng berbagai macam seperti pisang, nangka, apel dan nanas.

5. Adonan Bolu
Adonan bolu adalah adonan yang cara membuatnya dengan dikocok atau dimixer dan dimatangkan dengan cara dikukus atau dioven.
Adonan bolu terbagi menjadi empat jenis antara lain:

a. Adonan Bolu Biasa
Adonan bolu biasa ialah adonan yang tidak menggunakan bahan yang mengandung lemak margarin/mentega) atau menggunakan lemak sedikit sehingga menghasilkan kue bolu yang teksturnya agak kasar (pori-pori kue terlihat besar).

b. Adonan Bolu Cake
Adonan bolu cake menggunakan bahan baku tepung, gula, lemak, dan telur dengan berat yang sama dan diselesaikan dengan cara dioven atau dikukus.

Baca juga  Bumbu Dapur Merupakan Peluang Bisnis yang Sangat Tepat untuk Anda
Ciri-ciri cake yang baik adalah mengembang, teksturnya halus (pori-pori kecil), lunak, permukaan rata, kulit tipis, dan berwarna coklat muda.
Contohnya: Cake mandarin, cake salju, roll cake, lapis legit, dll.

c. Adonan Bolu Moskovis
Adonan bolu moskovis adalah adonan bolu yang cara pembuatannya menggunakan lemak (mentega/margarin) yang didinginkan dahulu dengan es dan dimatangkan dengan oven. Bolu moscovis teksturnya lebih lembut dan halus (pori-pori kue hampir tidak terlihat) jika dibandingkan adonan bolu cake
Contoh: Berbagai macam kue tulban, kue tart.

d. Adonan Chiffon Cake
Adonan chiffon cake ialah adonan yang bahan lemaknya tidak menggunakan margarin/mentega, tetapi menggunakan minyak/santan. Selain itu menggunakan bahan khusus seperti cream of tartar.

6. Adonan Roti/Ragi
Adonan roti adalah adonan yang cara pembuatannya membutuhkan pengembang seperti fermipan, gist atau ragi.

Adonan ragi dibedakan menjadi tiga macam yaitu:

a. Adonan ragi cair untuk membuat berbagai macam terang bulan, kue apem, kue poffertjes, dll.

b. Adonan roti lembek untuk membuat kue bolang-baling, cakwe, olibol, ollehalen, bitterballen, dll.

Comments

Popular Posts