Inilah Alasan Mengapa Bisnis Restoran Vidi Aldiano Sukses

Membuka usaha pastinya harus disesuaikan dengan minat Anda. Dengan mempunyai bisnis yang Anda gemari maka Anda akan merasa senang dalam menjalankannya, sehingga membuat Anda menjadi tidak terlalu susah, kenapa? sebab usaha yang Anda jalankan adalah salah satu pekerjaan yang menyenangkan.

Jika Anda memiliki hobi dalam dunia memasak, maka hal itu bisa saja Anda kembangkan menjadi kegemaran yang menghasilkan beberapa penghasilan. Entah itu penghasilan yang kecil yang dapat menolong perekonomian keluarga Anda dalam bentuk kebutuhan utama atau bahkan dengan penghasilan yang besar yang dapat mencukupi segala kebutuhan sekunder seperti, motor, mobil dan lain-lain. Dan salah satu usaha yang dapat Anda manfaatkan dalam hobi Anda adalah membuka usaha restoran atau rumah makan.

Usaha restoran atau rumah makan memang menguntungkan dan menjanjikan, karena setiap manusia pasti membutuhkan makanan bukan? jadi dapat Anda bayangkan sendiri bila makanan yang Anda jual di sukai oleh pembeli Anda.

Tantangan dalam bisnis restoran atau rumah makan ialah bagaimana caranya masakan yang Anda tawarkan bisa laku dan disukai oleh pembeli. Disinilah Anda harus memutar otak untuk mengembangkan suatu ide dan juga membutuhkan kreatifitas yang tinggi agar usaha restoran atau rumah makan yang Anda jalankan menjadi restoran yang terunik dan yang paling terkenal di daerah Anda.

Saat ini banyak restoran atau rumah makan yang bermunculan di Indonesia, mulai yang skala kecil hingga yang langsung berskala besar. Banyak restoran yang dijalankan di kota tertentu sampai mencapai keberhasilan, seperti membuka restoran di daerah Surabaya. Ada pula restoran yang berhasil dan tumbuh besar yang didirikan oleh artis atau tokoh ternama di Indonesia, seperti restoran Vidi Aldiano.

Usaha restoran pun dapat meraih kesuksesan karena menu yang dijual sesuai dengan target konsumennya, yaitu orang yang menyukai menu masakan tersebut, seperti restoran sea food.

Bisnis restoran atau rumah makan, sekarang ini terasa semakin berkembang dalam dunia perdagangan. Setiap orang butuh makan, maka tidak heran, bila bisnis restoran atau rumah makan selalu tidak ada matinya. Karena untuk memenuhi keperluan pokok tiap orang. Namun, untuk memulai dan mengelola restoran juga tak boleh asal-asalan karena bisa-bisa akan tutup di tengah jalan. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memulai dan sukses dalam bisnis restoran.

Baca juga  Cara Membuat Steak Barbeque yang Lezat dan Penuh Gizi
1. Menu Makanan
Menu makanan adalah salah satu yang hal paling penting dalam suatu bisnis restoran, karena menu ini yang akan menentukan segalanya. Jadi apabila Anda mau membuka sebuah bisnis restoran, maka sebaiknya Anda pikirkan menu masakan apa yang sekiranya terlaris dan populer di kota Anda. Anda juga dapat memilih menu makanan yang tidak ada di kota Anda, sehingga restoran Anda akan menjadi satu-satunya dan terlihat paling langka.

2. Persiapan Bahan Baku
Bahan baku bisa didapat dengan bekerja sama dengan supplier sayuran dan sembako atau dapat langsung berbelanja di pasar tradisional ataupun modern. Pastikan kualitasnya baik karena akan berpengaruh pada rasa makanan.

3. Survey Pasar
Untuk bisa mengetahui kebutuhan konsumen, survey pasar perlu dilakukan. Survey yang dilakukan antara lain harga pasaran, pesaing terdekat, dan lain-lain. Dengan demikian, Anda akan memiliki gambaran dan perbandingan untuk merencanakan style usaha Anda.

4. Ciri Khas
Sebuah restoran juga perlu mempunyai ciri khas agar para konsumen tidak sulit untuk menemukannya dan juga membuat daya tarik tersendiri bagi pelanggan. Contohnya Anda bisa memakai nama unik, tempat yang unik atau rasa yang unik pada makanan yang Anda sajikan.

5. Lokasi Restoran
Lokasi merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan suatu bisnis restoran. Jadi jika Anda mau membuka sebuah usaha restoran lebih baik Anda pikirkan lokasi yang bagus dan strategis untuk bisnis Anda. Yang jelas pilih saja lokasi yang ramai akan pengunjung. Dengan berlokasi di tempat yang ramai maka besar kemungkinan restoran Anda juga akan ramai.

6. Pelayanan
Pelayanan juga merupakan salah satu faktor terpenting dalam keberhasilan suatu bisnis restoran, karena percuma saja jika pengunjung ramai tapi pelayanan yang Anda berikan mengecewakan. Hal ini akan bisa menyebabkan semakin lama restoran Anda sepi dan akhirnya gulung tikar.

Jadi jika Anda ingin sukses dalam melakukan bisnis restoran, sebaiknya Anda berikan pelayanan yang memuaskan pada pelanggan Anda. Supaya konsumen bisa merasa nyaman dan betah untuk berlama-lama di restoran Anda, coba sediakan internet gratis atau pelayanan lain bila modal Anda mencukupi.

Sumber : https://ramesia.com/bisnis-restoran-vidi-aldiano/

Peluang Bisnis Pembuatan Etalase Kue Tart dengan Modal Minimal

Peluang Bisnis Pembuatan Showcase
Etalase adalah sebutan untuk lemari atau rak berkaca yang dimanfaatkan untuk sarana memajang berbagai produk, misalnya benda seni di galeri, barang antik di museum atau barang dagangan di toko.

Barang yang ditaruh di dalam etalase kaca adalah barang yang perlu dilindungi dari kerusakan akibat cuaca buruk, seperti: kelembaban, debu dan sinar matahari. Disamping itu, barang berharga yang ditempatkan di dalam lemari kaca sering dijadikan incaran pencurian, untuk itu etalase kadang kala harus diberi pengaman atau kunci.

Etalase bisa berbentuk lemari kaca seperti di toko kue, kotak berkaca di museum, konter HP atau toko perhiasan, serta tempat memamerkan produk atau busana model baru yang dikenakan maneken di balik jendela kaca. Produk-produk yang dipajang di etalase kios biasanya diberi ornament yang berkenaan dengan hajatan, atau program promo penjualan (diskon). Di Negara Indonesia, rak tempat meletakkan produk dengan atau tanpa penutup dari kaca di rumah makan, toko swalayan, atau warung juga disebut etalase.

Peluang Bisnis Pembuatan Lemari kaca
Kesuksesan seorang usahawan bisa berawal dari bagaimana orang tersebut pintar dalam melihat dan memanfaatkan ide bisnis yang ada. Dengan semakin berkembangnya dunia usaha di negara Indonesia saat ini, komoditas yang menjadi pendukung usaha sangat diperlukan. Diantaranya adalah etalase.

Tempat yang berfungsi untuk menempatkan barang dagangan ini banyak dibutuhkan pelaku usaha. Apabila Anda mampu membuat dan menjadi pemasok lemari kaca ini, maka terdapat pasar yang amat prospektif yang dapat Anda manfaatkan.

Bisnis etalase kaca sangat potensial, sebab saat ini orang lebih suka dengan bentuk dan model furniture yang elegan dan minimalis. Saat ini untuk memenuhi kebutuhan akan dekorasi ruangan orang sangat suka dengan yang ringan, simple, minimalis, elegan serta modern.

Bahan yang digunakan untuk bahan baku pembuatan showcase relatif mudah didapat. Pembuatanya juga lebih mudah bila dibandingkan lemari dari bahan lain. Keuntungan dari showcase ini adalah biaya produksinya rendah dan peminatnya lumayan banyak, sebab showcase ini bisa tahan lama dan tidak dimakan oleh rayap.

Baca juga  Melihat Sekilas Mengenai Peluang Bisnis Sate Ikan
Untuk dapat membuat etalase kaca yang berkualitas, Anda harus mempunyai skill khusus. Untungnya, sekarang ini banyak usahawan yang memiliki usaha di bidang produksi etalase kaca yang berpengalaman. Mereka tidak segan menyediakan program penataran untuk Anda yang berminat. Anda dapat mengikuti pelatihan singkat di daerah Anda untuk dapat membuat lemari kaca.

Namun jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk pelatihan membuat lemari kaca. Anda dapat memesan langsung ke Ramesia Mesin. Anda hanya perlu mempromosikan lemari kaca tanpa perlu repot-repot memproduksinya. Untuk model dan detail harganya silahkan kunjungi halaman produk.

Bila Anda ingin berhasil di usaha ini, tentunya Anda memerlukan strategi dalam proses pembuatan hingga proses distribusi. Selain itu, teknik marketing adalah inti kesuksesan dari penjualan showcase. Dengan teknik pemasaran yang baik dan didukung oleh strategi marketing yang efektif, suatu bisnis dapat berhasil.

Inilah beberapa kiat agar pemasaran etalase kaca menjadi lebih mudah.

1. Kenali Pelanggan Anda
Mempelajari target market Anda akan membantu Anda dalam menentukan langkah strategi marketing yang efektif. Anda dapat membagi target market menjadi beberapa kategori, contoh kategori umur 15-30 tahun, jika Anda ingin menjual produk sepeda olahraga. Atau dalam hal ini Anda dapat menarget orang dengan kategori usia 25-40 tahun, jika ingin mempromosikan produk showcase. Jadi, dengan mempelajari siapa target market Anda, Anda bisa terhindar dari terbuangnya waktu dan biaya yang sia-sia.

2. Lakukanlah Promosi
Lakukan upaya promosi atau memperkenalkan produk bisnis Anda kepada konsumen. Usahakan agar promosi yang Anda lakukan tersebut konsisten, terus-menerus, dan dengan cara-cara inovatif agar para konsumen tidak merasa bosan. Contohnya mengirim SMS kepada para pelanggan jika sedang ada diskon produk showcase Anda. Disamping itu, lihat pula bagaimana cara promosi yang dilakukan kompetitor Anda.

3. Pilih Tempat yang Strategis
Aspek penting dalam strategi pemasaran lainnya adalah tentang penentuan lokasi. Usahakan untuk memilih tempat yang tepat dan strategis, supaya kesempatan bisnis Anda untuk dapat diakses oleh konsumen lebih besar.

Baca juga  Cara Membuat Masker Bengkoang Alami
4. Coba Gunakan Sistem Pemasaran Online
Pemasaran online merupakan salah satu strategi marketing yang amat ampuh. Anda dapat mengetahui selera dan kebutuhan konsumen Anda dengan menempatkan bisnis Anda di situs market place, jejaring social atau e-commerce.

5. Jalin Hubungan dengan Konsumen
Memelihara konsumen lama lebih mudah dibandingkan mendapatkan pelanggan baru. Karena biaya yang dibutuhkan untuk memperoleh pelanggan baru sekitar enam kali lipat daripada Menjaga konsumen lama. Oleh karena itu, buatlah basis data pelanggan, masukkan data-data berharga beserta kemajuan yang telah dicapai, hubungi konsumen secara berkala, dan beritahukan kepada konsumen terhadap diskon produk yang sedang berjalan dan lain sebagainya.



Comments

Popular Posts