Cara Membuat Popcorn Jagung Mudah dan Nikmat

Apa Itu Popcorn?
Apa itu popcorn? Popcorn adalah makanan atau jajanan yang terbuat dari biji jagung yang dimakan saat sedang bersantai, menonton tv, dan acara keluarga. Popcorn adalah panganan yang sangat diminati oleh anak kecil dan remaja yang biasanya dijual di dalam bioskop, taman bermain, pasar malam, sekolah, dan kampus atau juga tempat banyak orang yang berkumpul. tempat seperti itu yang jadi sasaran paling pertama dalam menjual popcorn.

Bahan baku dari popcorn adalah jagung. Popcorn adalah jagung yang dipanaskan dalam suhu tinggi. Sedangkan mentega sendiri dipakai agar popcorn jadi lebih gurih. Membuat popcorn tidaklah susah hanya dengan memasukkan satu sendok makan mentega yang sudah disiapkan sebelumnya dan 2 hingga tiga sendok jagung ke dalam mesin popcorn. Kemudian dalam dua menit popcorn yang gurih dan enak siap dijual.

Sebelum kita menjual popcorn pastikan kita sudah mencari lokasi berjualan popcorn yang strategis karena tidak semua orang membutuhkan popcorn untuk cemilan, tentu masih banyak jenis cemilan ringan lainnya. Kemudian juga untuk sebuah tempat sewa yang akan dijadikan tempat penjualan harus disesuaikan dengan harga popcorn dan banyaknya penjualan yang terjadi.

Modal yang Kita Perlukan untuk Berjualan Popcorn
Modal yang diperlukan untuk menjalankan usaha popcorn memang bisa dikatakan tidak besar dengan pertumbuhan profit yang cukup tinggi. Menjalankan bisnis popcorn dapat dibilang sangatlah mudah dengan kemudahan menemukan bahan untuk membuat popcorn yang murah serta banyak ditemukan di minimarket. Bisnis popcorn juga memberikan cara penyajian dengan inovasi popcorn berbagai rasa dari bumbu yang berbeda-beda. Untuk menjalani bisnis popcorn dengan cara yang mudah Anda perlu melakukan 4 hal di bawah ini:

1. Pertama, buat perencanaan ketika mengawali bisnis popcorn Anda. Buat skema atau gambaran bisnis dengan memfokuskan macam popcorn yang Anda buat, misalnya saja popcorn yang rendah lemak (low fat). Anda bisa menjelaskan secara umum mengenai jenis popcorn tersebut mulai dari rasanya, cara pengemasan yang dibutuhkan, pemilihan tempat penjualan dan hal lainnya.

Baca juga  Peluang Usaha Repacking, Bisnis Asing Dengan Keuntungan yang Nggak Garing
2. Kedua persiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis popcorn baik dari mesin yang digunakan hingga alat-alat pendukung lainnya. Sebenarnya popcorn tidak termasuk makanan yang dapat mengancam kesehatan jika saja cara pengolahan maupun penyimpanannya tetap terjaga kualitasnya. Untuk membuat popcorn dengan mutu, kualitas serta kepercayaan yang bagus dari konsumen tentu pastikan mendapatkan juga izin dari Depkes serta dengan sertifikat halal dari MUI.

3. Jika Anda ingin memasarkan popcorn Anda secara online atau dengan membungkusnya langsung dan ditawarkan kepada para supplier, tentu Anda harus melabeli produk dengan merk yang unik dan baik. Dan jangan lupa untuk menyertakan bahan pada kandungan popcorn yang kita buat, berat produk, kode kadaluarsa produk, informasi kandungan gizi, perizinan dari badan usaha serta informasi produksi lainnya.

4. Promosikan bisnis popcorn ke khalayak dengan cara membidik sasaran yang tepat. Usaha popcorn ini banyak sekali yang berminat serta tinggi akan permintaannya di kalangan masyarakat.

Setelah Anda mengetahui beberapa hal yang penting untuk dikerjakan dalam usaha popcorn, Anda bisa langsung memulai usaha tersebut. Bahan-bahan baku dalam usaha popcorn ini memakai biji jagung serta mentega, popcorn sendiri diproduksi melalui cara memanaskan jagung menggunakan suhu yang cukup tinggi hingga mengembang. Penambahan mentega digunakan sehingga menghasilkan rasa popcorn yang enak, nikmat, dan gurih.

Selain bahan tadi biasanya ketika membuat popcorn juga bisa menggunakan pewarna alami dan gula untuk membuat popcorn menjadi manis.

Resep Cara Membuat Popcorn
Bahan-bahan yang Dibutuhkan:
– Biji jagung untuk popcorn
– Mentega
– Panci beserta tutupnya (bisa juga menggunakan wajan besar)
– Gula bubuk

Cara Membuat:
1. Sediakan panci di atas kompor. Siapkan dan ditakar sesuai dengan selera jagung untuk dibuat popcorn.

2. Campurkan 2 sdm mentega ke dalam panci, nyalakan kompor menggunakan api sedang. Setelah mentega meleleh, kecilkan api dan masukkan 2 genggam jagung ke dalam panci.

3. Kemudian tutup panci dan sekali-kali coba goyangkan panci sehingga membuat semua biji jagung terkena mentega.

Sumber : https://ramesia.com/cara-membuat-jagung-untuk-popcorn/

Peluang Bisnis Donat Kecil-kecilan


Dengan teksturnya yang unik yaitu bentuk bundar namun mempunyai lubang di bagian tengahnya. Usaha roti donat kecil-kecilan termasuk dalam ragam usaha kuliner yang tidak mungkin pernah surut disebabkan bisnis ini senantiasa disukai oleh setiap konsumen. Pendek kata, bisnis donat kecil-kecilan merupakan usaha yang sangat menjanjikan di waktu banyaknya persaingan di antara para pengusaha.

Siapakah yang tak pernah mendengar jenis jajanan yang satu ini? Pasti setiap konsumen mengenalnya sebagai jajanan pasar dan merupakan kue favorit mereka. Teksturnya yang bundar dengan bolong di daerah tengah yang merupakan karakteristik khasnya.

Saat ini sangatlah banyak bentuk dan varian dari kue donat kecil-kecilan. Roti donat kecil-kecilan tidak hanya memiliki bolong di tengahnya, akan tetapi kini banyak roti donat kecil-kecilan yang bertipe persegi empat tanpa dibolongi daerah tengahnya, bahkan saat ini muncul roti donat kecil-kecilan dengan bentuk menyerupai angka delapan.

Berbagai jenis inovasi tekstur donat kecil-kecilan membuat kue ini semakin digemari oleh banyak kalangan tanpa memandang usia.

Sangat banyak resep pembuatan kue donat kecil-kecilan yang biasa dijumpai pada internet, maupun dari para pelaku usaha roti donat kecil-kecilan. Ada sebagian adonan roti donat kecil-kecilan yang dicampur dengan campuran kentang sehingga memiliki bentuk yang empuk dan enak dimakan.

Ada juga adonan roti donat kecil-kecilan yang dilengkapi dengan madu sehingga memiliki rasa manis yang khas. Selain itu ada juga adonan roti donat kecil-kecilan yang ditambah ubi yang biasanya disebut roti donat kecil-kecilan. Kemudian ada juga kue donat kecil-kecilan natural, yakni adonan roti donat kecil-kecilan yang original tanpa adanya campuran bahan lainnya.

Saat ini sangat mudah ditemui di pinggiran jalan para pedagang roti donat kecil-kecilan ataupun dalam tingkatan usaha rumahan. Biaya yang diberikan bervariasi antara Rp.500 hingga Rp.2000. Salah satu pebisnis yang terjun ke dalam usaha kue donat kecil-kecilan adalah Utami.

Baca juga  Manfaat Kopi Cacing
Adapun harga roti donat kecil-kecilan perbiji yang ditawarkan perempuan cantik ini sebesar Rp.500. Biaya yang cukup terjangkau tapi dengan mutu yang terjamin sehingga sangat laris, dan dicari para konsumen.

Saat ini donat kecil-kecilan bisa dengan mudah kita jumpai di banyak tempat bisnis dikarenakan banyaknya pelaku bisnis yang menawarkan kue donat kecil-kecilan. Kini kue donat kecil-kecilan mempunyai banyak bentuk dengan bermacam-macam variasi rasa dan berbagai bahan dasar (donat kecil-kecilan madu, donat kecil-kecilan ubi, dan lain sebagainya) serta harga yang variatif.

Fenomena munculnya aneka variasi donat kecil-kecilan, dilengkapi dengan berbagai ukuran dan rasa serta bahan adonan menjelaskan inovasi dari pelaku usaha untuk membedakan bisnisnya dengan lainnya.

Peluang Bisnis Donat Kecil-kecilan
Perlu kita pahami, sebenarnya untuk memulai usaha kue donat kecil-kecilan tidaklah membutuhkan uang yang besar. Dengan menggunakan modal yang tidak terlalu besar, anda dapat menjalankan usaha donat kecil-kecilan dengan profit yang menjanjikan. Apabila anda memiliki minat untuk merintis bisnis berjualan kue donat kecil-kecilan, terdapat beberapa hal yang perlu anda pikirkan, di antaranya:

1.Kemauan yang Keras untuk Berwiraswasta Donat Kecil-kecilan

Hal ini sangatlah penting. Perlu anda ketahui walaupun anda memiliki modal yang besar akan tetapi tidak dilengkapi kemauan kuat untuk berwiraswasta kue donat kecil-kecilan maka tidak akan berhasil. Itulah pentingnya niat yang keras. Oleh sebab itu, ada baiknya anda mempunyai kenginginan yang kuat untuk berwiraswasta roti donat kecil-kecilan.

2. Variasi Kue Donat Kecil-kecilan

Sebaiknya anda perlu untuk membuat kue donat kecil-kecilan yang bervariasi, karena roti donat kecil-kecilan yang mempunyai cita rasa dan tekstur yang standar sudah membosankan bagi para pecinta kuliner sehingga kurang disukai oleh mereka. Oleh karena itu, baiknya anda menciptakan untuk memproduksi donat kecil-kecilan dengan varian yang berbeda, misalnya kue donat kecil-kecilan keju, donat kecil-kecilan bakar, donat kecil-kecilan madu dan lainnya.

3. Harga Donat Kecil-kecilan
Berikutnya anda mempunyai cukup banyak macam donat kecil-kecilan, cara berikutnya ialah mematok harga kue donat kecil-kecilan. Perlu anda tahu dengan banyaknya macam donat kecil-kecilan maka harga jual donat kecil-kecilan pun harus ditentukan bervariasi sesuai dengan perhitungan biaya pembuatan kue donat kecil-kecilan, dimulai dari yang mahal ke yang paling murah.

Baca juga  Melihat Sejenak Potensi Dari Peluang Bisnis Roti Canai
4. Pemasaran
Hal Ini adalah salah satu hal yang harus dilakukan oleh seorang pelaku usaha donat kecil-kecilan. Aspek pemasaran adalah kunci keberhasilan suatu bisnis. Begitupula dengan bisnis donat kecil-kecilan. Langkah berikutnya setelah anda membuat donat kecil-kecilan adalah melakukan marketing. Cara pemasaran roti donat kecil-kecilan bisa dilaksanakan dengan cara dititipkan di banyak kantin, atau dijual di rumah sendiri.

Comments

Popular Posts