Buka Usaha Makanan Ringan

Bisnis makanan ringan dapat dijadikan sebagai bisnis yang tepat untuk Anda jalankan. Makanan camilan menjadi salah satu jenis kuliner yang banyak menyebar di seluruh wilayah Nusantara. Dan tidak sedikit masyarakat yang ingin mengelola bisnis ini.
Bisnis makanan ringan menjadi usaha yang sangat prospektif ke depannya. Sebab makanan ringan banyak dikonsumsi masyarakat saat sedang enjoy, menonton tv, begadang, menonton bioskop, belajar atau ketika hendak melakukan kegiatan lainnya.
Akan tetapi, jika Anda hanya melihat tanpa melakukan tindakan dalam bidang ini tentu akan belum meyakinkan. Oleh sebab itu Anda harus mencoba dan menggerakkan bisnis ini sebagai salah satu usaha Anda.
Sebetulnya dengan menggeluti usaha makanan ringan akan membuat Anda maju dan sukses karena profit yang bisa didapat lumayan besar. Apalagi, jika Anda pandai mendesain jenis makanan ringan Anda, secara tidak langsung usaha Anda akan mudah mengembang dan sukses.
Oleh karena itu menjadikan makanan ringan sebagai bisnis Anda adalah pilihan yang bijak.
Di sisi lain, usaha makanan ringan merupakan usaha berskala rumah tangga yang memiliki potensi sangat bagus hingga saat ini maupun di masa yang akan datang.
Penawaran pasar untuk makanan ringan selalu mengalir dan meningkat. Hal itu disebabkan para penikmat makanan camilan tidak hanya anak kecil saja, tetapi menarik banyak golongan diantanyanya pemuda, dewasa sampai orang tua.
Maka tidak heran apabila para pebisnis makanan yang secara umum disajikan sebagai selingan saat melakukan aktivitas ini sering kali kebanjiran customer.
Apalagi melihat banyaknya bentuk makanan ringan di Indonesia yang dijual dengan jumlah harga yang bervariasi, membuat peluang usaha makanan ringan ini semakin terbuka lebar untuk Anda yang baru akan mengawali bisnis tersebut.
Bagi Anda yang berkeinginan untuk menjadikan peluang bisnis makanan ringan, hendaknya membuat planning dan persiapan yang matang seperti melakukan berbagai riset dan menganalisa pasar untuk mengetahui makanan ringan apa yang diminati pasar cukup tinggi tetapi produsennya terbatas.
Kunci Sukses Seorang Perintis dalam mengelola Usaha Makanan Ringan
Bisnis makanan ringan membutuhkan keuletan dan manajemen yang baik. Mayoritas pebisnis makanan ringan yang berhasil merupakan pengusaha yang sudah lama berbisnis sehingga mempunyai pembeli tetap, ditambah lagi makanan ringan yang dijual sangat inovatif dan memiliki rasa yang sedap karena kunci utama bagi para perintis usaha makanan ringan ialah kreatif dan inovatif.
Terdapat banyak hal yang dapat memberikan dampak kesuksesan seorang perintis dalam usaha ini, antara lain sebagai berikut:
Makanan Camilan yang Anda Jual Mempunyai Kualitas Bagus
Makanan ringan yang akan dijual harus mempunyai kualitas yang baik, entah itu dari segi bahan baku yang digunakan, segi pengolahan maupun dari segi pengemasan.
Bahan dasar yang digunakan benar-benar higienis dan tak mengandung zat yang berbahaya. Cara pengolahannya pun harus mengikuti prosedur. Contoh, goreng makanan ringan Anda dengan minyak yang berkualitas dan diganti secara berkala. Kemudian kemaslah makanan ringan yang telah selesai digoreng dengan memakai kemasan yang baik dan menarik.
Harus Memiliki Banyak Inovasi yang Memikat Dalam Produknya Maupun Cara Pemasarannya
Pengusaha makanan ringan yang berhasil adalah pebisnis yang selalu berinovasi dalam menciptakan makanan ringan agar tampil beda, sehingga menjadikan produk tersebut lebih mudah dicari dan dapat dibedakan oleh para konsumen.
Maka dari itu jangan khawatir apabila produk yang dijual sudah ada di disetiap tempat, yang penting produk yang dijual tersebut terlihat berbeda dengan makanan ringan yang sudah ada saat ini.
Ciptakan keakraban dengan Customer Untuk Menjaga Loyalitas
Berikan pelayanan yang baik kepada pelanggan dengan sebaik-baiknya, tanpa mempedulikan Anda mengenal atau tidak dengan pembeli tersebut. berikan kesan yang bagus kepada customer, sehingga pelanggan dengan mudah untuk mampir kembali.
Selain itu gunakanlah media sosial untuk mengiklankan makanan ringan yang Anda jual agar dapat mendatangkan relationship dengan customer, sebab hal ini akan berdampak bagus, seperti iklan gratis dari mulut ke mulut customer.
Promosi dari mulut ke mulut terbukti sangat efektif untuk mendapatkan pembeli baru serta meningkatkan omset.
Memiliki Strategi Pemasaran yang Bagus
Memiliki Strategi pemasaran yang bagus akan mempengaruhi perkembangan bisnis Anda kedepannya, oleh karena itu, sebagai pemula bisnis makanan ringan,Anda harus dapat memakai tips pemasaran yang bagus serta bisa membaca dan memahami pasar untuk meningkatkan omset Anda. Seperti memberi diskon, menambah bobot makanan, atau dengan membagikan contoh produk secara gratis kepada orang-orang di wilayah yang menjadi tempat penjualan.
Visioner, Think Big, Think Positive
Memiliki visi dan misi serta berpikir positif dalam berbisnis adalah suatu hal yang penting. Dalam menjalankan suatu usaha diwajibkan untuk memberikan pelayanan dengan baik kepada pelanggan.

Sumber : https://ramesia.com/tips-buka-usaha-makanan-ringan/

Resep Cara Membuat Sari Buah Pisang


Buah adalah bahan pangan sumber vitamin. Selain buahnya yang lezat dimakan, biasanya daunnya juga dapat dimanfaatkan untuk segala keperluan. Misalnya daun pisang bisa untuk pakan hewan ternak, daun pepaya bisa untuk melunakan daging dan melancarkan ASI terutama daun pepaya jantan.

Warna pada buah sangat cepat berubah disebabkan pengaruh panas matahari dan pemotongan, dan pengaruh biologis (jamur) sehingga buah mudah menjadi busuk. Oleh karena itu penanganan buah untuk memperpanjang masa ketahananya sangat penting.

Sari buah adalah cairan yang dihasilkan dari penghancuran buah segar yang sudah matang. Pada prinsipnya sari buah terdapat 2 jenis, yaitu :

1) Sari buah encer cair yang dapat langsung diminum, yaitu cairan buah yang didapat dari pemersan buah, setelah itu dilanjutkan menggunakan tambahan air serta gula pasir.

2) Sari buah kental / Sirup, yaitu cairan yang dihasilkan dari pemerasan daging buah kemudian diteruskan dengan pemekatan, baik dengan cara pendidihan biasa maupun menggunakan cara lain semisal penguapan dan lain-lain.

Sirup ini tidak dapat langsung dikonsumsi, tetapi harus diencerkan dulu menggunakan air putih. Buah-buahan yang sering diolah menjadi sari buah atau sirup antara lain : pala, pisang, jambu biji, mangga, sirsak, wortel, tomat, kueni, markisa, nangka, jahe, asam hampir semua jenis jeruk, dan lain-lain. Sari buah atau sirup buah dapat tahan selama kurang lebih 3 bulan.

1. Bahan yang Digunakan

1) Buah pisangsegar : 5 kg
2) Gula pasir kusus untuk sirup 1 ¼ kg : 125 gr
3) Asam sitrat : 3 gr / lt sari buah
4) Natrium benzoat : 1 gram
5) Garam : 20 gr
6) Air seperlunya

2. Alat yang Digunakan

1) Pisau
2) Panci
3) Parutan kelapa
4) Pengaduk
5) Tungku atau kompor
6) Botol dan tutup yang sudah steril
7) Kain saring atau kain blacu
8) Corong
9) Wadah besar

3. CARA PEMBUATAN

1) pakailah buah yang telah tua, segar dan masak selanjutnya cuci menggunakan air bersih;
2) Potonglah buah sampai menjadi beberapa bagian;
3) Parut buah hingga menjadi bubur; * Kemudian peras airnya
4) Tambahkan asam, sitrat, benzoate, natrium, gula pasir, air dan garam dapur. Perbandinganya sari buah dengan air yaitu sebagai berikut :
– Buah pisang (untuk satu liter sari buah campur dengan 1 ½ liter air)
5). Campur sampai merata. Berikutnya pengerjaan pengolahan sari buah (6-9) :
6) Saring campuran tersebut dengan saringan;
7) Masukkan hasil saringan ke dalam botol dan tutup rapat. Endapan dari hasil penyaringan bisa digunakan untuk bahan pembuatan jajanan dodol, selai, dan lain sebagainya;
8) Masukkan wadah yang sudah ditutup rapat dalam air mendidih kurang lebih 30 menit;
9) Angkat wadah tersebut lalu segera dinginkan.

Comments

Popular Posts